Ambon Maoli, Pisang Langka Asal Hawaii?



Pernahkah anda melihat buah pisang ini di toko buah, baik di pasar tradisional atau di pasar modern? Saya yakin anda tidak pernah melihatnya. Karena pisang ini termasuk pisang langka yang masih jarang dibudidayakan. Padahal pisang ini rasanya sangat enak, sangat mirip rasa pisang ambon. Jika diolah menjadi keripik, rasa manis alami akan muncul walau tidak diberi gula atau pemanis buatan, dengan syarat pisang yang diolah kondisinya sudah tua mendekati matang.

Saya menyebutnya pisang sesat, karena tidak ada yang tahu nama pisang ini. Saya juga tidak pernah menemukan pisang ini di pasar buah. Menurut teman yang memberikan bibit pisang ini namanya pisang Barangan Jambi. Entah darimana dia dapat bibit saya juga tidak tahu.

Ketika saya cari di internet ternyata pisang ini mirip dengan yang namanya Maoli Banana, pisang langka dari Hawaii. Tapi si Maoli Banana ini agak berbeda dengan pisang yang saya punya. Maoli Banana sisirnya lebih banyak, bisa sampai 10 sisir. Sementara pisang saya paling banyak sisirnya cuma 4, tapi buahnya lebih besar. Kalau dari bentuk buah sangat mirip. Bentuknya bulat dengan ujung yang tumpul. Batang tidak tinggi, kalau dari pangkal batang sampai pangkal tandan paling tinggi cuma 2,5 meter. Apakah pisang ini asli Indonesia atau asal Hawaii? Entahlah...

Yang pasti dari segi rasa, warna, dan wangi isi buahnya sangat mirip pisang Ambon. Maka akhirnya saya putuskan saja untuk menamai pisang ini sebagai Ambon Maoli, sampai benar-benar ada yang tahu pasti nama pisang ini. hehe...

Kalau ada yang tahu nama pisang ini, silakan isi kolom komentar di bawah.

Pohon pisang Maoli di kebun

Buah pisang Maoli yang mulai matang pohon
Jenis-jenis pisang Hawaii (sumber: http://www.fruitlovers.com/)









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dokumen Surat Tanah Jaman Penjajahan Belanda Dan Jepang

CANGKAU LAYANG

Umpan Ikan Juare